Pilkada 2020: FCO – Suwarti Siap Hadapi Petahana Rebut Mura 1

iNFOSEMPURNA.com.MUSIRAWAS – Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Musi Rawas, Firdaus Cik Olah bersama Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Mura Hj. Suwarti  hampir dipastikan akan maju dan bersaing dengan Patahana H. Hendra Gunawan (H2G) pada Pilkada Mura 2020, namun masih menunggu keputusan DPP masing-masing partai.

“Kami pastikan lawan petahana, kami berunding-berunding melawan petahana, kami petarung dan all out. Insya Allah parpol lain nyusul. Cuma tinggal menunggu keputusan DPP siapa yang jadi nomor 1 nya,” ujar Ketua DPD Gerindra Hj Suwarti yang juga wakil bupati Musirawas ini seperti dikutip dari mureks.online

Kepastian akan berkoalisinya Partai Golkar dan Gerindra ini setelah, kedua pimpinan partai daerah ini menggelar pertemuan bersama Ketua DPC PKB Mura, Moh Pianto di salah satu Rumah Makan di Kawasan Tugumulyo. Selasa (14/06/2020) malam.

Ketiga tokoh ini dengan mesin politik mereka masing-masing dan berkoalisi mewujudkan pasangan FCO Suwarti untuk kandidat yang diusung.

Dengan kekuatan di legislatif sebanyak 15 kursi, 7 milik Golkar, 5 milik Gerindra dan 3 milik PKB dan parpol lainnya siap menyusul.

“Sudah mengerucut, tinggal menunggu keputusan DPP. Ditataran bawah sudah klir karena lebih mudah untuk komunikasi lintas partai. Saya siap melawan petahana 1, tidak ada keraguan,” tegas Suwarti.

Sementara, Ketua DPD Golkar Mura, Firdaus Cik Olah (FCO) memastikan diri akan maju dalam Pilkada Mura 2020, menjadi penantang petahana bersaing merebut kursi Mura 1. Bahkan ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan pimpinan parpol di Mura untuk berkoalisi.

“Dari awal sudah saya sampaikan akan tetap ingin maju Pilkada. Kalau ada dua calon bupati di Mura, berarti salah satunya saya. Itu sudah hasil komunikasi dengan para petinggi politik, salah satunya bu Suwarti,” kata Firdaus.

Mengenai parpol pengusung, Firdaus optimis partai pohon beringin akan mengusungnya. Karena sesuai pernyataan Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto, memprioritaskan kader untuk diusung berkontestasi merebut kursi kepala daerah dalam Pilkada serentak 2020.

“Koalisi Golkar-Gerindra saja sudah kuat, Golkar tujuh kursi Gerindra lima kursi. Belum lagi ditambah beberapa partai lainnya. Intinya kami sudah intens berkomunikasi untuk merajut koalisi ini,” tegas FCO.

Diketahui, hingga saat ini Kandidat yang akan berkompetisi pada Pilkada Serentak di Kabupaten Musi Rawas yang dilaksanakan 09 Desember 2020 mendatang baru diketahui akan diikuti oleh Kandidat Petahana H. Hendra Gunawan yang telah mengantongi surat rekomendasi dari 4 parpol yakni Partai Nasdem (5 Kursi), PAN (4 Kursi), PKS (3 Kursi) dan PBB (1 Kursi) dengan total dukungan 13 kursi legislatif.

Dengan dukungan 4 parpol ini, maka sudah dipastikan H2G sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan menjadi calon kepala daerah, dimana syarat minimum jalur parpol harus memiliki 8 kursi legislatif.

Untuk kandidat jalur independen diikuti oleh 1 pasang kandidat yakni Akmaludin Mustofa – Triono yang saat ini masih verifikasi faktual dukungan masyarakat.

Diketahui, untuk jalur independen, minimal harus mengumpulkan dukungan sebanyak 8,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu sebelumnya yaitu sebanyak 289.554.(red/am/mureksonline)

Comments
Loading...