Pemilihan BPD Muara Beliti Baru: Dari Menggunakan Baju Adat hingga “Jemput Suara”

Panitia Pemilihan BPD didampingi Pemdes Muara Beliti Baru, Anggota Polsek, Danposramil Muara Beliti dan Linmas menjemput suara bagi pemilih yang berhalangan tetap untuk mendatangi TPS. Minggu, 24 November 2019. (Dok. Pemdes Muara Beliti Baru)

iNFOSEMPURNA.com.MUARABELITI – Minggu, (24/11/2019) Kantor Desa Muara Beliti tampak berbeda dari biasanya, umbul-umbul tampak berjejer rapi di pagar kantor desa, tampak juga tenda dan kursi sudah tersusun rapi seperti sedang melaksanakan hajatan.

Dengan menggunakan pakaian adat “tanjak” dikepala dan kain songket yang melingkari pinggang serta menebarkan senyum dan ramah, Panitia Pemilihan Anggoya Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti periode 2019-2025 menyambut kehadiran masyarakat yang mulai berdatangan.

Digerbang kantor desa, tampak Petugas Linmas dengan seragam lengkap mengarahkan masyarakat untuk memakirkan kendaraan sehingga terlihat tersusun dan sebagian lainnya menghenikan kendaraan yang melewati jalan nasional sehingga masyarakat dengan aman menyeberang jalan menuju kantor desa.

Pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) ternyata hari itu digelar, masyarakat yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pun berdatangan  ingin memberikan hak suaranya memilih perwakilan dusun dan perwakilan perempuan yang didesa ini berjumlah 7 orang.

Tercatat sebanyak 999 warga yang menggunakan hak pilihnya baik yang terdaftar dalam DPT maupun pemilih tambahan.

Beragam cara dilakukan oleh Panitia dan Pemerintah Desa agar seluruh warga menggunakan hak pilihnya, selain melaksanakan sosialisasi secara masif dan mengunjungi rumah kandidat juga terus disolisasikan melalui alat peraga dan penentan waktunya pun dilaksanakan hari minggu sehingga pemilih memiliki waktu yang cukup dan tidak terhalang dengan pekerjaan.

Panitia Pemilihan BPD Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti melayani dengan senyuman para pemilih Anggota BPD periode 2019-2025. Minggu, 24 November 2019. (Dok. Pemdes Muara Beliti Baru)

Tidak hanya itu, bagi warga yang berhalangan tetap untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), maka panitia bersama Pemerintah Desa, Anggota Polsek, Danposrami Muara Beliti dan Anggota Linmas pun menjemput suara dengan mendatangani seluruh rumah pemilih, sehingga hak pemilih warga terpenuhi.

“Kita semaksimal mungkin agar seluruh warga desa Muara Beliti Baru yang memenuhi syarat memilih dapat terpenuhi hak-haknya dalam demokrasi, seperti pemilihan calon BPD ini,”ujar Penjabat Kepala Desa Muara Beliti Baru, Arief Candra, S.Hut, M.Si didampingi Ketua Panitia Zulkopli. Minggu (24/11/2019) dikantor desa.

Dijelaskan Chandra, pemilihan BPD di desa yang ia pimpin merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati Musi Rawas Nomor 85 tahun 2018. Setiap tahapan telah dilalui, dan pemilihan secara langsung ini merupakan puncak dari seluruh tahapan yang telah dilalui.

“Alhamdulilah, setiap tahapan telah dilalui dengan baik dan akhir dari pemilihan hari ini telah dilalui denga sangat baik, tidak ada hambatan semua berjalan dengan lancar, penuh dengan kegembiraan dan telag mendapatkan hasil berupa tujuh calon yang meraih suara terbanyak,”papa Chandra

Atas proses yang telah dilalui, dirinyapun mengucapkan terimah kasih kepada masyarakat yang telah memberikan hak suaranya, kepada seluruh kandidat yang telah berkompetisi dengan sangat baik dan terhotmat serta kepada Panitia yang telah menjalankan setiap tahapan dengan baik sehingga terciptalah Pemilu Calon BPD yang aman, lancar dan demokratis.

“Terimah kasih atas bantuan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan doa sehingga pemilihan BPD Muara Beliti Baru ini dapat terlaksana dengan baik, demokratis dan penuh dengan kegembiraan,”pungkas Chandra.(redaksi/nv/rls)

Comments
Loading...