Musi Rawas Raih Penghargaan Standar Pelayanan Publik dengan Predikat “Kepatuhan Tinggi 2019”

Raih nilai 96,89. Peringkat 1 Provinsi Sumatera Selatan dan Peringkat 6 Nasional kategori Kabupaten.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan bersama Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H., LLM., Ph.D usai menerima penghargaan Pelayanan Publik dengan Predikat “Kepatuhan Tinggi 2019”. (Dok. Humas Setda Mura)

iNFOSEMPURNA.com.JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepatuhan tinggi 2019 bidang pelayanan publik kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Rabu (27/11/2019) di Grand Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta.

Penganugerahan penghargaan Predikat “Kepatuhan Tinggi 2019” ini diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H., LLM., Ph.D kepada Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan.

Diterimanya penghargaan penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kabupaten Musi Rawas ini setelah meraih nilai 96,89 yang menempatkan Kabupaten Musi Rawas sebagai peringkat 1 Provinsi Sumatera Selatan dan Peringkat 6 Nasional kategori Kabupaten.

Dikatakan Amzulian, survei kepatuhan ini bertujuan untuk mencegah tindakan mal administrasi pada unit pelayanan publik pemerintah dengan upaya pemenuhan komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Selain itu, bertujuan mengetahui efektivitas dan uji kualitas penyelenggara pelayanan publik.

“Survei kepatuhan bertujuan mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Adapun mekanisme pengambilan data survei kepatuhan ini dilakukan dengan mengamati tampakan fisik, observasi secara mendadak dan bukti foto. Periode pengambilan data dilakukan secara serentak pada Juli dan Agustus 2019,” papar Amzulian.

Sementara itu, Bupati Hendra Gunawan mengaku bangga atas prestasi yang diraih ini, hal ini membuktikan Pemkab Mura dibawah kepemimpinannya terus berupaya dan memperbaiki standar pelayanan publik dan pada akhirnya mendapatkan pengakuan dari Ombudsman RI melalui penghargaan dengan Predikat tingkat Kepatuhan Tinggi 2019.(redaksi/cb)

Comments
Loading...