Mahasiswa Fisipol Unmura Study KKL ke Kabupaten Kulonprogo

Mahasisa Fisipol Universitas Musi Rawas melaksanakan Study KKL ke Pemkab Kulonprogo. (Dok. Humas Fisipol Unmura)

iNFOSEMPURNA.com.KULONPROGO – Bertempat di Ruang Adikarto Kompleks Pemkab Kulon Progo, Rabu (15/1/2020), Sejumlah Mahasiswa Fakultas Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Musi Rawas Sumatra Selatan melakukan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) di Pemkab Kulon Progo.

Rombongan dipimpin oleh Dekan Fisipol Universitas Musi Rawas Dr. M. Fadhillah Harnawansyah, S.IP, M.Si beserta Kepala Proram Studi Universitas Musi Rawas.

“dijadikannya Kabupaten Kulon Progo sebagai tujuan dari KKL Mahasiswa Fisipol Unmura karena Kabupaten Kulon Progo merupakan daerah yang inovatif, meskipun angka kemiskinan yang tinggi tapi mampu membuat terobosan ekonomi yang mampu mengankat perekonomian masyarakatnya melalui inovasi-inovasi,”ujar Fadhillah

Dalam acara tersebut, diisi materi-materi oleh Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Kulon Progo, Drs. Djulistyo dan Kepala Dinas Kepala Koperasi dan UKM (DINKOPUKM) Kulon Progo, Dra. Sri Harmintarti, M.M.

Mahasiswa Fisipol Unmura saat melaksanakan pertemuan dengan Pemkab Kulonprogo. (Dok. Humas Fisipol Unmura)

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Kulon Progo, Drs. Djulistyo mengatakan bahwa di Kulon Progo ini mempunyai inovasi daerah yang dikategorikan dalam tiga kategori.

“Ada berbagai macam inovasi daerah yang kami kembangkan di Kulon Progo yang dapat dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi bentuk – bentuk lain dari kewenangan OPD masing-masing.” tegas Djulistyo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepala Koperasi dan UKM (DINKOPUKM) Kulon Progo, Dra. Sri Harmintarti, M.M menuturkan bahwa pemerintah Kulon Progo dalam membangun ekonomi kreatif yang berbasis ekonomi rakyat membangun koperasi dan kelompok usaha bagi masyarakat miskin.

“Inovasi kebijakan daerah yang mengenai UKM di Kulon Progo adalah menaik kelaskan dari pelaku usaha mikro ini menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi besar. Sejauh ini itu adalah cara kami menaikkan ekonomi pelaku usaha.” tegas Harmintarti.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh perwakilan OPD Kulon Progo, Dekan Fisipol Universitas Musi Rawas, Kaprodi Administrasi Negara Universitas Musi Rawas, dan mahasiswa Fisipol Musi Rawas.(rls/redaksi)

Comments
Loading...