Jadi “Paru-Paru” Ibukota, Hutan Kota Pelangi Diresmikan

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan beserta Rombongan Menikmati salah satu Spot Selfie di Taman Kota Pelangi diparu-paru Ibukota Musi Rawas. Senin (29/07/2019). (Dok. iNFOSEMPURNA.com/kk/ik)

iNFOSEMPURNA.com, MUSIRAWAS – Taman Hutan Kota Pelangi yang terletak di paru-paru Ibukota Kabupaten Musi Rawas, Senin (29/07/2019) diresmikan oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan.

Peresmian “Paru-Paru” Ibukota ini disambut antusias oleh ratusan masyarakat, pelajar, tokoh agama dan masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Musi Rawas karena dinilai selain sebagai sumber oksigen, tempat pendidikan, juga sebagai tempat refresing (wisata) terdekat dengan Ibukota.

Taman Hutan Kota Pelangi yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Kabupaten Mura dan didukung oleh OPD dan Investor di Kabupaten Mura, awalnya merupakan  semak belukar dan rawa, setelah 6 bulan direvitalisasi akhirnya hingga peresmian ini, telah menjadi tempat wisata yang nyaman serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang dapat memanjakan wisatawan.

Seperti, fasilitas sekolah alam, kolam ikan yang juga berfungsi untuk resapan air, kebun bunga, tempat bermain anak, taman bunga dan lokasi-lokasi yang menarik untuk berselvie.

Kepala Dinas (LHK) Kabupaten Mura, Hermerudin saat memberikan sambutan pada acara peresmian itu mengungkapkan untuk pengembangan dan pengelolaan Hutan Kota Pelangi ini pihaknya telah menggandeng TP PKK Kabupaten Musi Rawas.

“Kami telah melakukan penandatangan MoU dengan Tim Penggerak PKK Musi Rawas untuk bersama-sama mengelola dan mengembangkan hutan kota pelangi ini agar dapat tertata dan berfungsi dengan baik,”pungkas Hermerudin.

Peresmian hutan kota pelangi ini juga dihadiri oleh Kapolres Mura, AKBP Suhendro, S.Ik, Ketua Pokja III TP PKK Pusat Johan Susmono, Pabung 0406 Mura Mayor Czi Ayub, Sekda Mura Drs Ec Priskodesi, Ketua TP PKK Musi Rawas dr Hj Noviar Marlina Gunawan, dan pimpinan OPD Kabupaten Musi Rawas.

Atas Inovasi dan Kinerja Dinas LHK Musi Rawas ini, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan  memberikan apresiasi yang luar biasa yang telah merevitalisasi semak belukar menjadi hutan kota dan paru-paru Ibukota Musi Rawas ini.

Pembangunan hutan kota pelangi ini, lanjut Bupati H2G juga atas masukan dan kerjasama dengan Ketua Pokja III TP PKK Pusat serta mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang sudah berkontribusi terwujudnya hutan kota ini, baik PT. Pertamina, PT. Medco, PT. Sarelaya, PT. TEP,  PT. SAS, PT. WAS, KIS, PT. AKL, PT. Evan Lestari, PT. Lubuklinggau Lestari dan PT. BBA.

Bupati Hendra mengharapkan Hutan Kota Pelangi ini dapat menjadi salah satu warisan untuk generasi yang akan datang yang menghasilkan udara segar dan sebagai sumber air.

“Kegiatan positif apapun silahkan digunakan dan dimanfaatkan dengan baik, dan fasilitas taman kota kedepannya akan terus kita perbaiki,” pungkas pemimpin Kabupaten Musi Rawas ini.

Pada kesempatan itu, Bupati H2G beserta undangan yang hadir meninjau fasilitas-fasilitas hutan kota, menanam bibit pohon penghijauan, menabur bibit ikan dikolam resapan serta terlihat beberapa kali berselvie bersama rombongan.(redaksi/fs/cb)

Comments
Loading...