Hadiri Pameran Kriya Nusa 2019, Ibu Negara Iriana Jokowi Kenakan Kalung Petai Cina Asal Musi Rawas

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan Kalung Kerajinan Buah Lamtoro (Patai Cina) Kabupaten Musi Rawas saat meninjau stand Dekranasda Provinsi Sumsel. Rabu, 11 September 2019. (Dok. TPPKK Sumsel)

iNFOSEMPURNA.com.JAKARTA – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufida Jusuf Kalla menghadiri opening ceremony Pameran Kriyanusa 2019 di Kartika Expo Centre-Balai Kartini Jakarta. Rabu (11/09/2019).

Ketika melihat stand-stand di pameran yang merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranasda 2019, terlihat dileher kedua Ibu Negara ini kalung yang begitu unik dan indah yang merupakan hasil kerajinan dari petai cina khas Kabupaten Musi Rawas.

“Ini (Petai Cina, red) mainan saya waktu kecil dan saya suka memakannya. Sekarang sudah bisa jadi kalung ya,” ujar Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Mufida Jusuf Kalla yang juga memakai kalung tersebut.

Saat mengunjungi Stand Mura,  Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla disambut Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru didampingi Ketua Dekranasda Mura dr Hj Noviar Marlina Gunawan diwakili  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mura Hj Nurhasanah Yoesoef.

Menurut  Kadisperindag Hj Nurhasanah Yoesoef,  pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Balai Kartini, Jakarta.

“Ibu Iriana dan Ibu Mufidah menyempatkan diri singgah di Stand Kabupaten Mura dan tertarik dengan kalung kerajinan dari Petai Cina dan langsung memakainya.”ujar Nurhasanah sembari mengatakan Musi Rawas membuka stand pameran bersama dengan stand Dekranasda Provinsi Sumsel dan daerah lainnya di Sumsel.

Hadir juga istri-istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja).

Dengan menggunakan aksesoris kalung hasil kerajinan dari baham buah lamtoro (petai cina), Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufida Jusuf Kalla photo bersama dengan Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru di Stand Dekrasnada Sumsel. (Dok. TPPKK Sumsel)

Adapun pameran Kriyanusa kali ini mengangkat tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan”. Kegiatan ini digelar selama lima hari mulai 11-15 September 2019.

Sementara, Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengatakan, pameran Kriya Nusa 2019 menampilkan karya-karya kreatif bidang kerajinan dan bersyukur pameran tersebut bisa diadakan setiap tahunnya.

“Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat berkembang dan hampir di seluruh pelosok Tanah Air, baik dari skala mikro, kecil sampai menengah,” katanya.

Menurut Mufidah, industri ini peranannya cukup strategis bagi perekonomian nasional, karena secara histori, industri ini sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia.

“Oleh sebab itu produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama pemanfaatan sumber daya setempat. dan pengembangan kreatif lokal,” kata Mufidah.

Ketua Penyelenggara Pameran Kriya Nusa 2019, Erni Guntarti Cahyo Kumolo mengatakan pameran ini diselenggarakan untuk meningkatkan kreatifitas para peserta dalam menghadapi persaingan global.

“Produk kriya kita sudah bisa bersaing, namun ke depan persaingan global akan semakin berat karena akan bersaing dengan produk sejenis dari negara ASEAN, seperti Thailand dan Vietnam yang produk kriyanya sangat maju,” kata Erni.

Dia juga mengungkapkan bahwa Pameran Kriya Nusa 2019 ini diikuti Deskranada seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di daerahnya masing-masing, beberapa BUMN dan Kementerian yang memfasilitasi mitra binaannya serta perajin yang sudah mampu mengikuti secara mandiri dengan jumlah 265 stan, yakni 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufida Jusuf Kalla menghadiri opening ceremony Pameran Kriyanusa 2019. (Dok. Infosdotcom)

Kriya Nusa merupakan ikon pameran kerajinan terbesar yang digelar oleh DEKRANAS yang merupakan wujud dukungan dalam mempromosikan produk-produk kerajinan binaan DEKRANAS di seluruh Indonesia.

Pameran ini menyediakan ± 250 stand untuk UKM perajin, disamping UKM mitra binaan smesco Indonesia, juga para perajin binaan Dekranas dan Dekranasda, perajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian/Lembaga serta peserta mandiri, yang bertujuan untuk mempromosikan akses pasar baik di dalam maupun di luar negeri.

Usai membuka pameran, Ibu Negara RI Iriana Jokowi didampingi Ketum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla langsung mengunjungi ratusan stan yang ada di Balai Kartini. Ia bahkan sempat mengunjungi satu persatu stan milik Provinsi Sumsel yang berada di sayap kiri panggung.(redaksi/cb/pnc/net)

Comments
Loading...