Empat Tokoh Ini Menjadi Kandidat Terkuat Dampingi H2G

(Dok. Infosdotcom)

SUHU Perpolitikan Kabupaten Musi Rawas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Serentak), 09 Desember 2020 kian meningkat. Setelah Ketua DPD Partai Golkar Musi Rawas Firdaus Cik Olah dan Ketua DPD Partai Gerindra Musi Rawas Hj. Suwarti bersamaKetua DPC PKB Mura, Moh Pianto di salah satu Rumah Makan di Kawasan Tugumulyo menjalin komunikasi politik, Selasa (14/09/2020) lalu.

Dari pertemuan itu, ada kesamaan yang muncul dan bersepakat untuk menjadi Rival Incumben H. Hendra Gunawan (H2G) pada konstestasi 5 tahunan ini. Namun, untuk kepastiannya masih menunggu keputusan DPP Partai masing-masing.

Kedua Tokoh yang mewakili dua Suku Besar di Bumi Lan Serasan Seketenan yakni Musi Rawas Selatan (Musi) dan Musi Rawas Tengah (Jawa) dipercaya akan menjadi lawan tangguh bagi petahana didalam mempertahankan Kursi Mura 1 ini.

Namun, bagi Petahana yang juga Bupati Musi Rawas, kondisi ini sudah diprediksi akan terjadi dan telah menentukan strategy pemenangan serta mencari pasangan yang dapat memperkuat kemenagan pada Pilkada 2020 ini.

Yang masih menjadi pertanyaanya siapa tokoh yang akan mendampingi sang Petahana???

Dari tulisan terdahulu “Menakar Kandidat Calon Pendamping Sang Incumbent” yang menempatkan 10 kandidat, pada tulisan ini, penulis kembali mengerucutkan menjadi 4 kandidat yang potensial yang bakal mendampingi H2G.

Keempat kandidat ini tentu memiliki kekuatan dan peluang masing-masing seperti H. Mulyana, M.Pd sebagai pendiri dan Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rias di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas yang sampai sekarang memiliki anggota 11.000 dengan 6.000 anggota aktif yang tersebar di 14 kecamatan dalam Musi Rawas.

Sebagai Nahdiyin dan pengagum Bung Karno, beliau tokoh ini lahir dari keluarga marhaenis ini digadang-gadangkan diusulkan oleh Partai Pemenang Pemilu, PDI Perjuangan dan merupakan representatif dari Musi Rawas Tengah (Suku Jawa) yang dapat mengimbangi kekuatan Hj. Suwarti yang memiliki basis utama di Kecamatan Megang Sakti.

Selanjutnya, Ketua DPD PAN Musi Rawas, Wahyu Sumadi. Selain mewakili Partai Pengusung Petahana, Wahyu juga mewakili kaum milenials, memiliki basis utama di Kecamatan Muara Kelingi dan merupakan representatif dari Mura Selatan (Suku Musi).

Amir Hamzah, salah satu tokoh Suku Musi (Mura Selatan) yang saat ini menjabat sebagai Sekertaris DPRD Mura dipercaya dapat memperkuat Incumben pada Pilkada 2020 nanti, hal ini didasari, selain mewakili dari Suku Musi juga telah berhasil menghantarkan putranya menjadi salah satu legislator di DPRD Mura dari Partai Nasdem.

Terakhir, Politisi PKS Musi Rawas, Ustad Supandi, SE atau yang akrab di panggil Cak Pandi. Sosok ini sudah sangat dikenal di wilayah Mura Tengah (Megang Sakti, Purwodadi dan Tugumulyo).

Ketua PKS Muda Musi Rawas, M. Yogi Irsanto, S. Pd menuturkan sosok Ustad Supandi, selain mewakili dari suku Jawa, kader terbaik PKS ini juga merupakan kader Muhammadiyah dan Ketua Yayasan Salah Satu Sekolah Islam yang ada di Musi Rawas ini.

Secara basis masa Kader PKS ini juga memiliki basis masa di Megang Sakti, Purwodadi dan Tugumulyo yang menjadi basis masa terbesar dalam penentuan kemenangan Petahana kedepannya dan  mampu menjadi penyeimbang dari calon penantang petahana kedepannya.

Dari ulasan singkat diatas, maka semuanya memiliki peluang dan sangat layak untuk mendampingi kandidat Incumbent, namun hal itu dikembalikan lagi kepada partai pengusung dan pendukung serta pada kandidat H2G, tentu dengan alasan-alasan tertentu.

Demikian ulasan singkat dan dangkal, setidaknya tulisan ini dapat menjadi bahan diskusi dan informasi bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dan semoga bermanfaat.(Red**/Diolah Dari Berbagai Sumber*)

Comments
Loading...