Desa Suro Sukses Gelar Pemilihan BPD, Hasilkan 9 BPD Terpilih

Camat Muara Beliti, Badarudin bersama Muspika Muara Beliti, Kades dan Panitia serta seluruh kandidat BPD Suro photo bersama usai melaksananan pemilihan. Kamis, 14 November 2019. (Dok. Humas Kecamatan Muara Beliti)

iNFOSEMPURNA.com. MUARABELITI – Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya Desa Suro Sukses melaksanakan Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kamis (14/11/2019) yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Suro Kecamatan Muara Beliti.

Camat Muara Beliti, Badarudin SH didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Muara Beliti, Arief Candra, S.Hut, M.Si usai meninjau proses pemilihan anggoa BPD mengunhkapkan kebanggaanya atas telah terlaksananya pemilihan BPD Suro yang berjalan dengan lancar, aman dan demokratis.

“Walaupun pada awal proses pengisian anggota BPD terdapat masalah, namun setelah kita melihat proses pemilihan hari ini yang berjalan sangat baik dan penuh dengan nuansa kekeluargaan dan persaudaraan, maka bisa saya simpulkan Pemilihan BPD di desa suro ini menjadi salah satu yang terbaik dan jauh dari isu-isu miring yang ada,”puji Badarudin

Badarudin yang hadir dilokasi sejak pukul 07.30 wib sebelum dimulainya pemilihan, bersama Sekertaris Dinas PMD Mura, Alexander Zulkarnain, Bimas Polsek Muara Beliti, Koramil Muara Beliti, Kades Suro dan perangkat serta ratusan masyarakat melihat proses demokrasi 6 tahunan ini yang berjalan sesuai dengan acuan dan konsep-konsep demokrasi sesuai dengan peraturan Bupati Musi Rawas Nomor 85 tahun 2018.

Suasana Penghitungan suara Pemilihan Anggota BPD Suro. Kamis, 14 November 2019. (Dok. Humas Kecamatan Muara Beliti)

 

“Alhamdulilah 9 anggota DPD di Desa Suro telah terpilih. Satu minggu kedepan (21/11/2019) Insyaallah akan dilaksanakan penetapan calon terpilih dan selanjutnya diajukan ke Dinas PMD untuk selanjutnya diusulkan ke Bupati Musi Rawas untuk disyahkan melalui surat keputusan Bupati Musi Rawas, “papar Badarudin sembari mengatakan dimungkinkan pelantikan anggota BPD serentak akan dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan desember 2019.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Beliti, Arief Candra menjelaskan total seluruh kandidat BPD yang telah ditetapkan sebanyak 29 orang yang terdiri dari 8 orang perwakilan dusun dan 1 orang perwakilan perempuan.

“Proses demokrasi pemilihan BPD di Desa Suro telah dilaksanakan dengan lancar dan aman serta demokratis. Telah terpilih 9 kandidat BPD periode 2019-2025 yang meraih suara terbanyak dengan metode keterwakilan,”papar Chandra

Diungkapkan Chandra, berdasarkan laporan Panitia Pelaksana jumlah keseluruhan peserta musyawarah (pemilih) sebanyak 180 orang yang terbagi atas pemilih untuk perwakilan dusun sebanyak 129 orang dan keterwakilan perempuan sebanyak 51 orang. Dari total jumlah pemilih ini hanya 1 pemilih yang tidak hadir atau tidak menggunakan hak pilihnya.

Untuk jumlah kandidat sebanyak 29 orang yang terdiri dari wilayaj keterwakilan dusun I sebanyak 6 kandidat (2 kursi BPD), dusun II, 3 kandidat (1 kursi), dusun III sebanyak 3 kandidat (1 kursi) dusun IV, 3 kandidat (1 kursi), dusun V, 5 kandidat (1 kursi), dusun VI, 3 kandidat (1 kursi), dusun VII, 3 kandidat (1 kursi) dan keterwakilan perempuan 3 kandidat (1 kursi).

Sementara untuk peraih suara terbanyak baik perdusun dan keterwakilan perempuan, lanjut Chandra diantaranya Dusun I diraih oleh Is Halus Saba’ah (14 Suara) dan Indra Sulaiman (12 Suara), Dusun II diraih oleh Muizudin (13 suara), Dusun III oleh Ali Yasman (9 suara), Dusun IV oleh Efran Saputra (12 suara), Dusun V oleh Hairul Saleh SH (13 suara), Dusun VI oleh Ibnu Zubir (13 suara), Dusun VII oleh Tisa Januari (11 suara) dan keterwakilan perempuan diraih oleh Nisa Liliana dengan perolehan suara 26 suara.

Setelah dilaksanakannya pemilihan BPD di Desa Suro ini, lanjut Chandra, khusus di Kecamatan Muara Beliti tersisa hanya 1 desa yang belum melaksanakan yakni Desa Muara Beliti Baru.

“Kita telah mendapatkan konfirmasi dari Panitia Desa Muara Beliti Baru bahwa pelaksanaan Pemilihan BPD akan dilaksanakan pada Minggu, 24 November 2019.”pungkas Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Beliti ini.(redaksi/nv)

Comments
Loading...