Antisipasi Karhutla, Musi Rawas Siagakan Pasukan

Gelar Apel Satgas Karhutla

Bupati Mura H Hendra Gunawan bersama Kapolres Mura AKBP Efrannedy meninjau peralatan Karhutla usai menggelar Apel Satgas Karhutla 2020. Selasa, 30 Juni 2020. (Dok. Humas Polres Mura)

iNFOSEMPURNA.com.MUSIRAWAS – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi masalah tersendiri bagi bangsa ini khususnya saat musim kemarau. Untuk mengurangi dampak dan mengantisipasi bencana ini diperlukan sinegisitas dari para pihak sehingga bencana ini tidak menimbulkan kerugian yang besar yabg dapat mempengaruhi perekonomian dan kesehatan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas bersama para pihak mulai dari Polri, TNI, BPBD, Pemerintah Desa dan Masyarakat bersiaga untuk menghadapi ancaman bencana nasional ini, salah satunya dengan menggelar apel siaga Karhutla yang dilaksanakan di Bundaran Agropolitan Center Muara Beliti. Selasa (30/06/2020).

Apel siaga yang dipimpin oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan didampingi Kapolres Mura AKBP Efrannedy dan Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0406/MLM Kapten Inf Ajun Taufik penting dilakukan untuk memantapan tugas dalam penanggulangan Karhutla.

Usai melaksanakan Apel Siaga, Bupati Hendra Gunawan bersama Kapolres Mura dan Pasiops melepas Tim Satgas Karhutla Kabupaten Musi Rawas untuk menempati titik atau pos-pos di setiap kecamatan agar penanggulangan Kahutlah cepat terdeteksi dan ditanggulangi.

“Kita percaya bahwa Tim Satgas ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam penanggulangan Karhutla, namun akan lebih efektif jika didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,”ujar Bupati H2G

Kapolres Mura AKBP Efranedy, S.IK, MAP melepas tim Satgas Karhutla. Selasa, 30 Juni 2020. (Dok. Humas Polres Mura)

Dalam kesempatan ini, Bupati H Hendra Gunawan mengungkapkan Karhutla ini telah menjadi perhatian serius dan telah menjadi agenda Nasional, dimana Presiden RI Ir Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara pada Kamis, 6 Februari 2020 lalu menyampaikan kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Kepala Desa untuk bersama-sama menangguangi Karhutla.

“Kalau ada api satu saja di wilayah desa segera cari ember, padamkan. Jangan sampai meluas, lakukan agar api tidak membesar, kalau sudah besar, apalagi masuknya ke lahan gambut akan lebih sulit lagi dipadamkan,  hal seperti ini yang terus harus kita sadarkan kepada masyarakat kita,” dijelaskan Bupati.

Selain itu, Bupati H2G mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk terlibat penuh didalam mencegah Karhutlah dengan tidak melakukan aktifitas-aktifitas yang dapat menyebabkan Karhutlah.

“Saya mengajak seluruh masyarakat dan perusahaan untuk ramah terhadap lingkungan dengan cara tidak melakukan aktifitas yang dapat memicu karhutla seperti membakar lahan untuk berkebun atau membuka lahan dan kegiatan lainnya,”pungkas Bupati H2G. (red/arc)

Comments
Loading...